Salam Ibu Hamil ^_^

Satu minggu terlewati stase kamar bersalin (KB) jejaring di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA). Setelah sebelumnya seru-seru penasaran di stase ruangan di Serune 3 Rumah Sakit Umum Daerah dr.Zainoel Abidin (RSUDZA) yang merupakan ruangan rawat kandungan dan kebidanan, kami pun mengawali stase KB di RSIA ini. Ibaratnya instalasi gawat darurat, maka tugas seorang dokter muda di KB ini adalah sesigap mungkin menangani pasien masuk yang akan melalui proses persalinan.

Berbagai kasus seperti perdarahan, ketuban pecah, kehamilan lewat waktu membutuhkan pengawasan ketat dari tim KB. Tim yang terdiri dari dokter, dokter muda, bidan, siswa akbid dengan kompak membagi tugas kerjanya. Ada sistem TJ (Tanggung Jawab) per pasien yang terdiri dari dua orang kombinasi mahasiswa akbid dan atau dokter muda. Setiap pasien yang masuk akan di follow up dengan ketat oleh para TJ. Mulai dari menganamnesis, pemeriksaan fisik tanda vital ibu, kontraksi uterus dan his serta detak jantung janin setiap 30 menit, vaginal toucher (VT) setiap 4 jam hingga pembukaan lengkap. Para TJ akan menolong proses kelahiran sampai selesai hingga ibu diantar ke ruang perawatan.

Tentu TJ senang karena berhasil menolong ibu dan bayi dari awal hingga akhir, ditambah kepuasan karena bisa melakukan semua tahap dalam asuhan persalinan normal. Karena belum tentu kami bisa lakukan kesemuanya itu di RSUDZA. Satu lagi, sistem piket per 24 jam selang satu hari mengkondisikan kita bisa menangani pasien dari awal masuk sampai akhir. Risikonya ya tidak tidur sehari semalaman. Tak apalah, toh seminggu ini kami jalani dengan suka cita. Mudah-mudahan sisa waktu satu minggu lagi bisa sempurna dengan mulai menjahit ruptur, menjadi asisten saat ada pembedahan di ruang operasi dan lancar baca USG. Semangat!😉

image

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s