Festival Tari Seudati Aceh 2012

“Ada yang bisa ikut ke Bireun?” satu sms malam itu dari ketua saya di #ILATeam (komunitas salah satu jejaring sosial). Saya pun berpikir, lumayan, jalan-jalan mumpung baru siap ujian. Serta merta saya iyakan. Selanjutnya saya dijelaskan mengenai acara dan tugas-tugas selama disana. Well, Festival Tari Seudati ACeh 2012. Untuk ngeliput, oke. Untuk jadi panitia dadakan oke. Untuk ngangkat-ngangkat kursi dadakan pun oke. Secara udah biasa kalo di kampus jadi babu. Hehe

Tapi

Saya nggak suka seudati

Sepertinya, karena seumur-umur saya melihat perform, video, dan apapun tentang seudati, saya mengambil kesimpulan bahwa seudati adalah:

1. Tarian yang nggak terkenal (dibandingkan Saman Likok Pulo dan Rapai Geleng)

2. Penari umumnya orang tua (sungguh sangat tidak fresh :p)

3. Syehnya juga semua tua (dengan suara yang khas orang tua, atau entah disengaja dibuat cempreng)

Cukup tiga alasan itu yang membuat image seudati menjadi biasa-biasa saja dimata saya.

Tapi

Ya okelah, seperti alasan saya mengiyakan sms awal, ya, karena saya sedang free dan pengen jalan-jalan. Satu lagi, karena itu ngumpul pertama saya dengan anak #ILATeam.

Fix,  Ahad pagi saya berangkat menuju Kota Juang Bireun dan tiba di Hotel Purnama dengan sambutan yang cukup meriah oleh #ILATeam yang sudah sampai duluan. Meriah dengan cerita bahwa mereka baru siap kulineran u_u. Lalu malamnya karena opening ceremony, kami langsung dibagi tugas: saya dan kak Wanti jadi Stage manager, Kak Atin dan Bang Aroel ngeliput dan update berita. Okesip

Festival Seudati ini diadakan di Stadion Cot Gapu, Bireun selama tiga hari 8,9 dan 10 Oktber 2012. Festival dimeriahkan oleh Rafli, Tangke Band,  Geunta Pasee selama tiga hari. Festival ini juga diikuti oleh 14 Kabupaten di seluruh Aceh, antara lain:

1. Kota Banda Aceh,

2. Kabupaten Aceh Besar,

3. Kabupaten Pidie

*eits bentar yak ntar disambung

Kilau diamnya pahlawan

2 responses to “Festival Tari Seudati Aceh 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s