Hari Anti Korupsi 2012

Ada yang tau kapan hari ANTI KORUPSI? Tentu setiap peringatan-peringatan yang dijadikan hari kampanye terhadap suatu topik punya sejarah dan punya tujuannya. Hari AIDS sedunia, Hari Tanpa Tembakau Sedunia, Hari Penyandang Cacat Sedunia, dan lain lagi baik di tataran nasional maupun internasional. Entah ini semacam “ulang tahun” agar kita “ngeh” dengan kampanye topik tersebut, ataukah justru jadi pemantik bagi seseorang agar melakukan hal tersebut. Apapun lah.

Tentu kalau mau diurutkan, setiap hari adalah peringatan terhadap sesuatu. Artinya, sebagai seorang manusia yang hidup dalam sosial masyarakat anda harus peka terhadap “hari-hari” tersebut. Ketahui, laksanakan. Toh anda tak perlu harus jadi ahli dalam setiap bidangnya.

Well, aku pun bingung mau ceritain apa, kembali pada topik besok: Hari Anti Korupsi 9 Desember, what do you think about? Mari kita cek satu link berikut:

nasional.kompas.com/read/2012/12/08/17130585/Andi.Tersangka.Kado.KPK.di.Hari.Anti.Korupsi

Kado.

Banggakah? Iya. Seperti dalam berita tersebut, KPK selalu dinyinyirin, karena nyaris tak berhasil mengemban tugasnya. Menentukan salah seorang untuk dijadikan tersangka pasti sangat berat, notabene dia adalah orang kementrian, pengurus parpol, pengusaha raksasa seantero negeri dan sebagainya. Banyak yang colak colek pasti.

Kado.

KPK bahagia di hari ulang tahunnya satu pengerat harta negeri terperangkap. Kado istimewa, pantas kita beri tepuk tangan. Buat siapa? KPK saja. Tidak si pengerat. Aku jijik.

Kado.

Aku pikir KPK harus berupaya mencapai kado-kado berikutnya. Bukan untuk dielu-elukan. Hanya aku yakin semua akan bahagia jika tikus-tikus itu berhasil kita potong ekornya. Gayanya sok imut. Meh. Yakinlah kami akan bantu kau untuk meraih kado-kadomu berikutnya. Asal kaupun tidak bermuka lima dalam bekerja. Yakin saja lillahi ta’ala, surga ada untukmu.

Tugas kami hanyalah mengubah pribadi kami jadi lebih baik, mulai tidak korupsi dari hari ini, apapun itu. You know what I mean. We live in a country that you can steal everything. Percayalah, berbuat baik jangan sendirian. Masuk surga wong ngajak-ngajak yang lain, jangan egois. Ajak terus yang lain untuk terus mendengungkan tugas ini. Anak, istri, suami, tetangga, teman chatting, abang bakso di ujung gang, siapa pun. Mau diterima atau tidak, ya lanjut saja, tentang hatinya itu bukan urusan kita :)

Tidak hanya di tanggal 9 Desember, kapanpun. Aku optimis, rekan-rekan Aceh punya spirit ini. Aneuk Nanggroe ka treb udep lam sosah, udep lam bala, ka hek di cue mandum atra. Bek sampoe uroe nyoe, tikoh-tikohnyan di cok atra mak ngen ata yah tanyoe. Meusue!

ruang tamu, 12/9 at 3 AM

2 responses to “Hari Anti Korupsi 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s